Dahlan Iskan For Presiden 2014, Antara Kekuatan Politik Dan People Power

Rabu, 29 Mei 2013

foto dahlan iskan
Siapa yang tidak kenal dahlan iskan ? Sepertinya tidak ada, bahkan sampai anak-anak kecil tahu siapa dahlan iskan. Sang mentri "nyentrik" yang populer setelah memprakarsai mobil listrik dan mendanai proyek prototipe mobil listrik sekelas ferari bernama tuxuci. Mobil berharga milyaran yang akhirnya rusak parah setelah menabrak tebing di sarangan magetan.

Beberapa bulan yang lalu Dahlan iskan mengungkapkan keinginannya menjadi presiden 2014. "Pengen iya, tapi keinginannya itu jika antara nilai 1 hingga 10, keinginannya mentok di angka 7, ungkap dahlan.

Lantas Partai apa yang akan mengusungnya ? Ini yang sepertinya menjadi persoalan yang cukup sulit, terutama karena dari 13 Partai calon peserta pemilu 2014, partai-partai besar sudah memiliki calonnya masing-masing. Seperti Aburizal Bakrie dari Golkar, Prabowo Subianto dari Gerindra, Wiranto dari Hanura, (kemungkinan besar) Megawati dari PDI Perjuangan, dan juga Hatta Rajasa dari PAN.

Bagaimana dengan partai lain ? kemungkinan masih bisa tapi dengan banyaknya calon lain yang juga potensial maka mengharapkan pinangan dari partai lain juga bukan perkara mudah. Peta banyaknya kursi tiap partai juga belum diketahui, dengan banyaknya kasus dari partai-partai yang ada menjadi menghilangkan trust masyarakat terhadap partai. Hal ini menjadi prediksi suara susah ditebak.

Bergabung atau diusung dari partai apa sepertinya menjadi sangat buta prediksi bagi dahlan iskan, hanya menunggu konstelasi politik menjelang 2014 mendatang. Kemungkinan terdekat adalah mengikuti konvensi pemilihan calon presiden yang diadakan oleh partai demokrat. Pertanyaanya adalah akankah dahlan iskan mau ? akankah dengan menjadi calon presiden akan menaikan citra partai demokrat atau nama dahlan juga akan ikut rusak/tenggelam bersama pusaran kasus yg menjerat partai demokrat.Tapi setidaknya itu adalah salah satu jalan dahlan iskan untuk mewujudkan keinginannya maju menjadi calon presiden.

Bagaimana dengan kekuatan masyarakat atau people power yang mendukung dahlan isakan ? Sepertinya sangat lebih dari cukup. Dibandingkan dengan calon lain, dahlan iskan sudah memiliki penggemar yang mengatas namakan dahlanis, dimana mereka berkumpul dan membentuk forum-forum non formal di sosial media atau berbagai situs di internet. Pergerakan mereka juga cukup aktif dengan melakukan berbagai kegiatan hingga acara gathering.

Mungkinkah dahlan iskan maju menjadi calon presiden dari independen ? sepertinya tidak, selain hingga saat ini belum diatur tentang calon presiden dari independen, menghadapi kekuatan parlemen/dpr yang terkadang tidak masuk akal itu sangat tidak mungkin untuk berjalan secara independen. parlemen lebih suka bekerja untuk kepentingan golongannya dibandingkan untuk masyarakat. kemungkinan calon independen untuk digulingkan oleh parlemen akan sangat besar jika maju menjadi calon presiden.

Sepertinya dahlan iskan harus menunggu waktu, menunggu golkar yang membatalkan Aburizal Bakrie menjadi calon presiden, menunggu Megawati legowo dan tahu diri untuk tidak mencalonkan diri dan membuka diri untuk dahlan iskan masuk, atau menunggu partai-partai kecil berkumpul untuk bersama-sama mencalonkan dahlan iskan. kita tunggu saja, sambil tetap dalam mottonya "Kerja, Kerja, Dan Kerja".

| More

4 komentar:

Leandra mengatakan...

hahahahahah presiden indonesia itu semua gak mutu,,,
apaan indonesia kaya ne gak perlu presiden
ngatur negara ja gak pecus,,
yang digedhe2in cuma korupsi
gitu jaaa bangga,,
parah

bisnis mengatakan...

mau tahu ? klik aja http://www.bisnisindonesian.com

visitor mengatakan...

nice info bro
fakta aneh unik
get pregnant

Rini idol mengatakan...

Emm yang bener yang mana sih?